Perkenalan

Teh Tarik adalah minuman khas Malaysia yang terkenal di seluruh dunia. Teh Tarik merupakan campuran teh hitam yang pekat dengan susu kental manis yang diaduk secara khusus untuk menciptakan lapisan busa krim di atasnya. Teknik mengaduk teh ini dilakukan dengan cara menuangkan teh dari satu wadah ke wadah lain dengan jarak yang tinggi, sehingga menciptakan busa yang lezat dan unik. Teh Tarik biasanya dihidangkan panas, tetapi ada juga versi dingin yang populer di musim panas.

Mojito – Kuba

Mojito adalah Minuman beralkohol yang berasal dari Kuba dan telah menjadi minuman yang terkenal di seluruh dunia. Minuman ini terdiri dari campuran rum, daun mint, gula, jus lemon, dan soda. Mojito dikenal karena kesegarannya yang menyegarkan dan cita rasanya yang seimbang antara manis, asam, dan sedikit rasa mint. Minuman ini sering dihidangkan dengan daun mint dan irisan lemon sebagai hiasan, menciptakan tampilan yang menarik dan menggugah selera.

Lassi – India

Lassi adalah minuman tradisional dari India yang terbuat dari yogurt yang dicampur dengan air dan bumbu-bumbu seperti gula atau garam. Minuman ini sering dihidangkan dingin dan memiliki berbagai varian rasa, seperti mangga, stroberi, atau rose. Lassi adalah minuman yang menyegarkan dan sering kali dijadikan pendamping makanan pedas di India. Selain memberikan rasa segar, Lassi juga dikatakan memiliki manfaat bagi pencernaan dan kesehatan karena kandungan probiotik yang tinggi dalam yogurt.

Mate – Argentina

Mate adalah minuman tradisional yang populer di Argentina dan beberapa negara di Amerika Selatan. Minuman ini dibuat dengan cara menyeduh daun mate dalam air panas menggunakan cangkir khusus yang disebut “gourd”. Mate memiliki rasa yang unik dan kuat, dengan aroma herbal yang khas. Minuman ini sering kali dijadikan simbol persahabatan dan kebersamaan, karena biasanya disajikan dan diminum dalam lingkungan sosial, dengan cangkir yang digunakan bergantian oleh semua peserta. Mate juga diyakini memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan energi dan meningkatkan fokus.

Bubble Tea – Taiwan:

Bubble tea atau teh berboba berasal dari Taiwan dan telah menjadi fenomena global. Minuman ini terdiri dari teh yang disajikan dengan tambahan es, susu, dan bola tapioka kenyal yang disebut “boba”. Bubble tea memiliki banyak varian rasa, seperti teh hijau, teh hitam, mangga, dan stroberi, dan sering dihidangkan dengan sedotan lebar untuk menikmati boba yang kenyal.

Aperol Spritz – Italia:

Aperol Spritz adalah minuman beralkohol yang berasal dari Italia. Minuman ini terdiri dari campuran Aperol (minuman berperisa jeruk pahit), Prosecco (anggur berkarbonasi yang kering), dan soda. Aperol Spritz memiliki tampilan yang cerah dan segar, dengan rasa yang seimbang antara manis, pahit, dan buah jeruk.

Chai – India:

Ini adalah minuman teh khas India yang terbuat dari campuran teh hitam, rempah-rempah, susu, dan gula. Rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan cardamom memberikan rasa dan aroma yang kaya pada minuman ini.

Caipirinha – Brasil:

Caipirinha adalah minuman beralkohol yang merupakan ikon dari Brasil. Minuman ini terbuat dari campuran cachaça (minuman beralkohol tradisional Brasil yang terbuat dari tebu), gula, dan irisan jeruk nipis. Caipirinha adalah minuman yang menyegarkan dengan rasa asam dan manis yang seimbang.

Thai Iced Tea – Thailand:

Thai Iced Tea adalah minuman populer di Thailand. Minuman ini terdiri dari campuran teh hitam yang kuat, susu kental manis, dan es. Thai Iced Tea memiliki warna jingga yang khas dan rasa manis yang lezat. Minuman ini sering dihidangkan dengan taburan susu kental manis di atasnya.

Kesimpulan

minuman penyegar dari berbagai negara memiliki cerita dan keunikan masing-masing. Teh Tarik dari Malaysia, Mojito dari Kuba, Lassi dari India, dan Mate dari Argentina adalah contoh minuman yang mencerminkan budaya dan tradisi setiap negara. Dari rasa yang menyegarkan hingga manfaat kesehatan yang dikaitkan dengannya, minuman-minuman ini menawarkan pengalaman kuliner yang kaya dan dapat dinikmati di seluruh dunia.